Pernas Waria I

>> Selasa, 20 Januari 2009

Sekarang diselenggarakan Pertemuan Waria I yang diselenggarakan oleh Yayasan Srikandi Sejati, Forum Komunikasi Waria dan Arus Pelangi. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 - 23 Januari 2009 di Jambuwuluk Tapos Bogor. Pernas Waria I ini diikuti oleh 50 orang yang berasal dari 33 propinsi di Indonesia. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Hivos, KPAN dan lembaga donor lainnya.
Ini beberapa cacatan pertamuan hari I yang saya dapat dari Dede Utomo (via millis).

Hari ini materi berkaitan dengan aspek HAM waria (dan juga lesbian, gay dan biseks). Saat ini sedang seru diskusi mengenai pelanggaran2 HAM terhadap waria.

Tadi malam ada sesi penting untuk meluruskan struktur komunitas dan organisasi waria, antara Forum Komunikasi Waria Indonesia, Yayasan Putri Waria Indonesia, serta organisasi yang menangani HAM (Arus Pelangi) maupun organisasi2 yang menangani kesehatan seksual, istimewanya HIV dan IMS, seperti Yayasan Srikandi Sejati. Yang penting ada kesepakatan untuk bersatu dan secara terbuka membagi pekerjaan sesuai dengan kemampuan masing2.

Hari kedua kemarin dibahas sejarah dan silsilah waria (juga LGBT lainnya) di Nusantara. Lalu dilanjutkan dengan situasi HIV di kalangan waria dengan presentasi dari Depkes dan FHI-ASA.

Hari pertama berbentuk pembukaan (sudah dilaporkan oleh Kawan Ryan), yang dilanjutkan dengan diskusi panel dengan berbagai donor (UNFPA, UNAIDS, FHI-ASA dan HCPI).

Dan dari informasi bahwa salah satu kegiatannya akan hearing dengan anggota DPR RI.

0 komentar: