“Pentingnya peningkatan Response HIV bagi GWL di Indonesia”

>> Jumat, 18 Desember 2009


Pada hari kamis lalu (17/12), telah diadakan acara yang melakukan kegiatan peringatan HAS yang spesifik bagi gay, waria dan lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki lain (GWL) dari UNAIDS.

Acara yang bertempat di Gedung Pertemuan D Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta ini mempresentasikan tentang adanya penurunan penggunaan kondom pada GWL dilihat dari tahun 2004-2007. Saat ini Indonesia merupakan negara yang penyebaran penyakit IMS tertinggi di asia. Ditambah lagi dengan investasi penanggulangan HIV di asia tenggara yang kurang dari 5%. Ditambah lagi dengan banyaknya GWL yang melakukan hubungan gonta ganti pasangan, menjual diri dan membeli tanpa dilandasi kesadaran memakai kondom. Di takutkan jika tidak di tanggulangi ditakutkan akan menambah infeksi IMS dan HIV AIDS pada GWL di Indonesia.

Diskusi yang melibatkan berbagai perwakilan yang diantaranya dari KPAN, GWL-INA, Gaya Nusantara Surabaya, Pemerhati ISu HIV bagi GWL, Yayasan IGAMA Malang dan Yayasan Srikandi Sejati ini menyatakan berbagai tantangan yang antara lain terbatasnya informasi yang sampai ke pada GWL untuk mengakses layanan kesehatan reproduksi, keterbatasan SDM mengurus, Stigma dan diskriminasi terhadap GWL di masyarakat. Serta belum adanya budaya penggunaan kondom untuk menanggulangi penyebaran IMS dan HIV AIDS. Salah satu cara untuk menanggulangi itu adalah mengembangkan skala program GWL agar setiap GWL dapat mengakses layanan untuk pemeriksaan IMS dan VCT diiringi sosialisasi agar masyarakat dapat bertoleransi, menerima dan menyetarakan GWL. Selain itu dengan penyediaan informasi tentang akses pemeriksaan IMS dan HIV yang salah satunya melalui media internet seperti www.IGAMA.org, www.Itsmylifeclub.com.
Pembicara :
• Ibu Nafsiah Mboi – Sekretaris KPAN (berhalangan hadir dan diwakili ibu Wenita)
• Tono Permana – Kornas GWL-INA
• Pak Dede Oetomo – Gaya Nusantara Surabaya
• Steve Wignal – Pemerhati ISu HIV bagi GWL
• Muhamad Thohir – Yayasan IGAMA Malang
• Ienes Angela – Yayasan Srikandi Sejati (digantikan Lenny)

(Riky/OV)

0 komentar: