Hubungan Tingkat Percerai Dengan Pernikahan Sejenis di USA

>> Rabu, 13 Januari 2010

Ada fakta menarik yang dilakukan oleh Nate Silver. Ia menyatakan, justru tingkat perceraian pasangan heteroseksual semakin menurun di negara bagian Amerika Serikat yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis. Malah perceraian tertinggi di negara bagian yang melarang pernikahan sejenis.

Hasilnya dapat dilihat pada bagan dibawah ini:

Dari bagan diatas, dilihat perkembangannya selama 5 tahun. Bisa dilihat, di deretan bagian teratas, wilayah yang memiliki penurunan jumlah perceraian (negatif) merupakan wilayah yang mayoritas tidak memberikan larangan adanya pernikahan sejenis. Sedangkan di deretan bawah dengan peningkatan pada tingkat perceraian (positif), mayoritas justru merupakan wilayah yang melarang pernikahan sesama jenis.

Massachusets, merupakan negara bagian dengan tingkat perceraian terendah di Amerika. Pada tahun 2003, tingkat perceraian di Massachusets adalah sebesar 1,21%. Pada 2004, negara bagian tersebut memperbolehkan pernikahan sesama jenis. Pada 2008, tercatat bahwa tingkat perceraian menurun hingga 0,96%, terendah di seluruh Amerika.

Lima negara bagian teratas dalam bagan merupakan negara bagian dengan tingkat perceraian terendah. Dan kelimanya memiliki hukum yang tidak melarang pernikahan sejenis, bahkan memproblehkannya.

Sedangkan lima negara bagian terbawah semuanya memiliki hukum yang melarang pernikahan sesama jenis. Bahkan, Alaska, dengan tingkat perceraian tertinggi, adalah negara bagian yang pertama kali melarang pernikahan sejenis di Amerika.

Kesimpulannya: Statistik ini menunjukkan bahwa, negara bagian yang memiliki aturan yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis, justru memiliki tingkat perceraian yang lebih rendah daripada negara bagian yang memiliki hukum untuk melarangnya. (Uki/OV)

Sumber :
http://www.fivethirtyeight.com/2010/01/divorce-rates-appear-higher-in-states.html