Ada Waria di Bangka Belitung

>> Rabu, 13 Januari 2010


Seknas Organisasi Pekerja Sex Indonesia(OPSI) menghadiri undangan dari OPSI provinsi Bangka Belitung 30 Desember 2009. Bertempat di kantor P2TP2A di Jalan Kenangan No:253 Pangkal Pinang, propinsi Bangka Belitung. Dalam kegiatan itu dihadiri perwakilan 75 Orang pekerja seks perempuan, waria dan laki-laki. Selain juga dihadiri dari pihak pemerintah Dinkes, Dinsos, Bina Mitra Polda Babel, BKKBN, Biro Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (BPPKBPA) dan KPA Provinsi Bangka Belitung.

Pembukaan acara dilakukan oleh
Drs.Soemarno dari Bina Mitra Polda Propinsi Bangka Belitung. Kemudian dilanjutkan pemaparan dari perwakilan Komisi Penanggulangan AIDS Propinsi (KPAP),propinsi Babel bapak Pari. Ia memaparkan situasi epidemi HIV dan AIDS diwilayah Babel yang terdiri dari 1 kotamadya dan 6 kabupaten. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari dr.Hendra Eka (BKKBN/RS Bhakti Timah) yang memaparkan tentang Infeksi Saluran Reproduksi (ISR) dan juga Infeksi Menular Seksual (IMS) kepada peserta.

Dalam hal ini Seknas OPSI yang diwakili oleh saudara Aldo yang menyampaikan sejarah OPSI sampai memiliki 3 devisi dalam melaksanakan program, yaitu pendidikan, pengorganisasi dan kampanye dalam kongres yang baru saja dilakukan.

Menurut pendapat peserta ada banyak kendala dalam melaksanakan penanggulangan HIV dan AIDS di Babel seperti
nilai-nilai masyarakat khususnya ormas-ormas keagamaan yang masih resisten terhadap pekerja seks, gay, waria dan populasi kunci lainya.

Setelah selesai acara dilanjutkan dengan pemilihan panitia persiapan (AD-HOC) MUSDA OPSI Babel. Adapun 3 orang yang terpilih adalah : Ketua : Lusi, yang dibantu oleh Ella dan Epy.

Pada kesempatan lainnya juga dibentuk kepengurusan Ikatan Waria Bangka Belitung (IWABABEL) melalui pemungutan suara dan terpilih ;· Ketua : Attoufiq Darma Sakti (Fikha), Wakil Ketua : Clara Davinci, Bendahara : Betty dan sekretaris : Dian Alpisa.
Surat Keputusan (SK) pemilihan pengurus IWABABEL sudah disampaikan kepada jaringan gay dan waria tingkat nasional (GWL INA) untuk dapat di follow up terkait dengan program-program kerja kedepannya.


Kemudian pada tanggal 31 Desember 2009 IWABABEL dan OPSI bekerja sama menggelar pemilihan miss BATIK 2009 yang di Pink Cafe Pangkal Pinang Propinsi Babel. Selamat untuk IWABABEL dan OPSI, ini akan menambah kekuatan gerakan LGBTIQ di Indonesia, sehingga akan menguatkan gerakan sosial LGBTIQ kedepannya. (Toyo/OV)