Bonobo

>> Sabtu, 21 November 2009

Bonobo adalah makhluk yg memiliki tingkat kecerdasan, emosionalitas, dan sensitivitas yg baik. Secara biologis, Bonobo terlihat lebih mirip manusia daripada kera dan juga menunjukkan banyak kemiripan perilaku (behavior). Bonobo dan manusia memiliki kesamaan DNA sebesar 98,4%.


Bonobo merupakan salah satu jenis kera besar (great apes), termasuk juga simpanse, orangutan, dan gorila. Karena banyak memiliki kemiripan dgn spesies ini, banyak ahli sains bersikukuh memasukkan manusia ke dalam spesies kera juga. Orang asli pedalaman Kongo memiliki banyak legenda tentang kedekatan hubungan antara Bonobo dan manusia.

Bonobo belum dikenal oleh ahli sains hingga tahun 1933. Bonobo baru dipelajari lebih mendalam selama 30 tahun terakhir, yakni sejak tahun 1970-an. Bonobo hanya dapat ditemukan di negara Republik Kongo (tadinya Zaire), tepatnya di hutan tropis basin Kongo sebelah selatan sungai Kongo. Bonobo digambarkan sebagai makhluk panseksual oleh psikolog Frans de Waal. Hubungan seks merupakan hal penting bagi komunitas Bonobo, yg bertujuan untuk mengeratkan komunitas tersebut, menjaga kedamaian, dan hubungan yg kooperatif.

Selain hubungan heterose
ksual, baik Bonobo jantan dan betina melakukan hubungan sesama jenis, bahkan hubungan seks berkelompok (group sex). Banyak masalah antar Bonobo diselesaikan dgn aktivitas seks, menyisir rambut, atau saling berbagi makanan.

Bonobo banyak mengh
abiskan waktu di dahan-dahan perpohonan. Mereka bergelayutan dari satu pohon ke pohon yang lain untuk mencari buah dan makanan lainnya.
Bonobo hidup dalam satu kelompok besar hingga 100 ekor, terpisah-pisah menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil pada siang hari lalu berkumpul kembali pada malam harinya.
Bonobo makan berbagai jenis makanan mulai dari tumbuhan hingga mamalia kecil.

Disarikan : http://www.bonobo.org/whatisabonobo.html

0 komentar: